BAHASA PEMROGRAMAN & PERANNYA


I.                  Tahapan Pembuatan Bahasa Program
a.      Algoritma
Algoritma adalah suatu himpunan hingga dari instruksi-instruksi yang secara jelas memperinci langkah-langkah proses pelaksanaan, dalam pemecahan suatu masalah tertentu, atau suatu kelas masalah tertentu, dengan dituntut pula bahwa himpunan instruksi tersebut dapat dilaksanakan secara mekanik. Dalam ilmu matematika dan komputer, pengertian algoritma merupakan prosedur dari beberapa langkah demi langkah untuk penghitungan. Algoritma dipakai untuk penghitungan, penalaran otomatis, dan pemrosesan data. Pengertian algoritma ialah suatu metode yang efektif diekspresikan sebagai rangkaian yang terbatas dari beberapa instruksi yang telah dijelaskan dengan baik guna menghitung sebuah fungsi. Susunan algoritma dimulai dari kondisi awal dan input awal, instruksi tersebut mendeskripsikan komputasi yang apabila itu dieksekusi serta diproses dengan melewati urutan-urutan kondisi terbatas yang terdefinisi dengan baik, sehingga dapat menghasilkan output atau keluaran dan berhenti di kondisi akhir yang telah ditentukan. 
b.      Syntax
Syntax adalah aturan menulis ‘kalimat’ agar mampu dimengerti dengan benar oleh bahasa pemrograman.Aturan syntax ini secara baku harus dipenuhi, karena saat proses compilasi setiap baris script akan di-check dan dipastikan apakah Compiler benar- benar mengerti maksud kalimat atau tidak. Jika terdapat syntax yang salah maka compiler akan melaporkan kalo ada bagian kalimat yang dia nggak faham atau istilahnya “error message” dan nggak bakalan meneruskan membikin bytecode-nya.
c.      Interpreter
Interpreter adalah Perangkat lunak yang mampu mengeksekusi code program (yang ditulis oleh programmer) lalu menterjemahkannya ke dalam bahasa mesin, sehingga mesin melakukan instruksi yang diminta oleh programmer tersebut. Perintah-perintah yang dibuat oleh programmer tersebut dieksekusi baris demi baris, sambil mengikuti logika yang terdapat di dalam kode tersebut.
d.      IDE & OS
IDE (Integrated Development Environment) adalah program komputer yang memiliki beberapa fasilitas yang diperlukan dalam pembangunan perangkat lunak. Tujuan dari IDE adalah untuk menyediakan semua utilitas yang diperlukan dalam membangun perangkat lunak. Sedangkan OS adalah adalah komponen pengolah peranti lunak dasar (essential component) tersistem sebagai pengelola sumber daya perangkat keras komputer (hardware), dan menyediakan layanan umum untuk aplikasi perangkat lunak. Sistem operasi adalah jenis yang paling penting dari perangkat lunak sistem dalam sistem komputer. Tanpa sistem operasi, pengguna tidak dapat menjalankan program aplikasi pada komputer mereka, kecuali program booting. Sistem operasi mempunyai penjadwalan yang sistematis mencakup perhitungan penggunaan memori, pemrosesan data, penyimpanan data, dan sumber daya lainnya.

II.                Model Pemrograman
a.    Struktural: fungsi dan prosedur
Pemrograman Terstruktur adalah suatu proses untuk mengimplementasikan urutan langkah untuk menyelesaikan suatu masalah dalam bentuk program. Selain pengertian diatas Pemrograman Terstruktur adalah suatu aktifitas pemrograman dengan memperhatikan urutan langkah-langkah perintah secara sistematis, logis , dan tersusun berdasarkan algoritma yang sederhana dan mudah dipahami. Prinsip dari pemrograman terstruktur adalah Jika suatu proses telah sampai pada suatu titik / langkah tertentu , maka proses selanjutnya tidak boleh mengeksekusi langkah sebelumnya / kembali lagi ke baris sebelumnya, kecuali pada langkah – langkah untuk proses berulang (Loop).
Contoh: Pascal, C, Delphi, dll

b.    Object Oriented: object, class
Pemrograman berorientasi objek (Inggris: object-oriented programming disingkat OOP) merupakan paradigma pemrograman yang berorientasikan kepada objek. Semua data dan fungsi di dalam paradigma ini dibungkus dalam kelas-kelas atau objek-objek. Bandingkan dengan logika pemrograman terstruktur. Setiap objek dapat menerima pesan, memproses data, dan mengirim pesan ke objek lainnya.
Contoh: Java, Phyton, Visual Foxpro, dll
III.               Peran Bahasa Pemrograman
a.      Jaringan Komputer
Jaringan komputer adalah sebuah sistem yang terdiri dari dua atau lebih komputer yang saling terhubung satu sama lain melalui media transmisi atau media komunikasi sehingga dapat saling berbagi data, aplikasi maupun berbagi perangkat keras komputer.Istilah jaringan komputer sendiri juga dapat diartikan sebagai kumpulan sejumlah terminal komunikasi yang terdiri dari dua komputer atau lebih yang saling terhubung.Tujuan dibangunnya jaringan komputer adalah agar informasi/ data yang dibawa pengirim (transmitter) dapat sampai kepada penerima (receiver) dengan tepat dan akurat.
b.      Database
Database atau basis data adalah kumpulan data yang disimpan secara sistematis di dalam komputer yang dapat diolah atau dimanipulasi menggunakan perangkat lunak (program aplikasi) untuk menghasilkan informasi. Pendefinisian basis data meliputi spesifikasi berupa tipe data, struktur data dan juga batasan-batasan data yang akan disimpan. Basis data merupakan aspek yang sangat penting dalam sistem informasi dimana basis data merupakan gudang penyimpanan data yang akan diolah lebih lanjut. Basis data menjadi penting karena dapat mengorganisasi data, menghidari duplikasi data, hubungan antar data yang tidak jelas dan juga update yang rumit.
c.      Internet Of Things
sebuah istilah yang belakangan ini mulai ramai ditemui namun masih banyak yang belum mengerti arti dari istilah ini. Sebetulnya hingga saat ini belum ada pengertian atau definisi standar mengenai Internet of Things, namun secara singkat Internet of Things bisa dibilang adalah di mana benda-benda di sekitar kita dapat berkomunikasi antara satu sama lain melalui sebuah jaringan seperti internet.Ide awal Internet of Things pertama kali dimunculkan oleh Kevin Ashton pada tahun 1999 di salah satu presentasinya. Kini banyak perusahaan besar mulai mendalami Internet of Things sebut saja Intel, Microsoft, Oracle, dan banyak lainnya.
d.      Cloud Computing
merupakan gabungan pemanfaatan teknologi komputer (komputasi) dalam suatu jaringan dengan pengembangan berbasis internet (awan) yang mempunyai fungsi untuk menjalankan program atau aplikasi melalui komputer – komputer yang terkoneksi pada waktu yang sama, tetapi tak semua yang terkonekasi melalui internet menggunakan cloud computing.
e.       Intelligent Transport System (ITS) 
adalah integrasi antarsistem informasi dan teknologi komunikasi dengan infrastruktur transportasi, kendaraan danpengguna jalan. Mengintegrasikan pengguna jalan, sistem transportasi, dan kendaraan melalui sistem informasi dan teknologi komunikasi serta membantu sistem transportasi secara keseluruhan untuk bekerja secara efektif dan efisien.
f.       Parallel Computing
Parallel computing adalah penggunakan lebih dari satu CPU untuk menjalankan sebuah program secara simultan. Idealnya, parallel processing membuat programberjalan lebih cepat karena semakin banyak CPU yang digunakan. Tetapi dalam praktek,seringkali sulit membagi program sehingga dapat dieksekusi oleh CPU yang berbea-beda tanpa berkaitan di antaranya, Maksudnya program dijalankan dengan banyak CPU secara bersamaan dengan tujuan untuk membuat program yang lebih baik dan dapat diproses dengan cepat. Dapat diambil kesimpulan bahwa pada parallel processing berbeda dengan istilah multitasking, yaitu satu CPU mengangani atau mengeksekusi beberapa program sekaligus, parallel processing dapat disebut juga dengan istilah parallel computing.
g.      Bio Informatika, E-Health
Bioinformatika merupakan sebuah disiplin ilmu yang mempelajari penerapan teknik komputasi untuk diterapkan dalam pengelolaan dan analisis biologis. Bidang ini mencakup penerapan dalam ilmu matematika, statistika dan informatika untuk memecahkan masalah biologis, terutama dalam hal DNA dan asam amino serta informasi yang terkait dengan kedua hal itu.Bioinformatika juga bisa disebut sistem manajemen informasi yang meliputi database biologi molekul dan software sebagai tools untuk mengelola dan menganalisis data biologis.
IV.              Tips Pemrograman
1)         Pahami Algoritma
Bila anda ingin menciptakan suatu program, maka harus dimulai dari pembuatan algoritma terlebih dahulu sebagai dasar atau kerangkanya. Anda harus memahami secara betul program anda ingin. Hal tersebut bertujuan untuk menyelesaikan masalah seperti apa dan bagaimana cara penyelesaiannya program tersebut nanti. Semua itu harus anda rancang dalam suatu algoritma yang logis dan efisien.
2)         Kuasai Sintaks
Anda membuat algoritma bukan berarti selesai, hal kedua yang anda harus lakukan adalah mengusai sintaks dari algoritma tersebut. Sintaks wajib dikuasai bagi seorang pembuat program atau sering disebut programer agar lebih memudahkannya dalam pembuatan suatu kode dalam membuat penyelesain masalah yang ada di dalam program nantinya.
3)         Pahami model pemrograman ( struktur/obyek oriented )
Dalam pembuatan suatu program, jika anda sudah menguasai algoritma dari program yang ingin anda buat dan anda sudah menguasai kode sintaksnya, maka sekarang anda harus menentukan model program anda, apakah program berstruktur / object oriented. Penentuan model program ini sangatlah perlu dilakukan, karena akan sangat berdampak dalam pemilihan Bahasa program yang akan anda pakai dalam pembuatan program anda.
4)         Berlatih
Dengan berlatih anda akan secara perlahan lebih menguasai dari Bahasa pemrogaman yang anda pakai dan struktur dari suatu program. Hal ini tentunya akan membantu anda dalam pembuatan program sehingga lebih cepat dan meminimalisir kesalahan dalam program anda.
5)         Studi kasus sehari-hari
Studi kasus juga diperlukan dalam menentukan masalah yang akan anda selesaikan dalam program anda. Ini bertujuan agar program yang akan anda buat nantinya akan berguna bagi masyarakat luas maupun siapapun yang membutuhkannya, maka dari itu studi kasus terhadap masalah-masalah yang ada di sekitar anda sangat diperlukan.
6)         Aktif dalam pengembangan ( project, open source, github )
Dalam pembuatan program, untuk menunjang dan menambah ilmu pengetahuan anda dalam hal pemrogaman dan dalam bidang teknologi dan informasi maka anda setidaknya perlu aktif atau mengikuti dalam pemngembangan yang dilakukan oleh orang-orang disekitar anda maupun pakar-pakar hal dibidang ini yang sedang melakukan pembuatan suatu program yang dapat berguna bagi semua orang.
V.                Sekuritas
a.      Kesalahan Algoritma
Kekeliruan, tidak tepat, kesalahan secara perangkat lunak, atau kerusakan pada perangkat keras.Dengan terjadinya error ini, maka pelaksanaan tidak sesuai dengan yang diharapkan.Pada beberapa kejadian, apabila terjadi error, maka perintah yang sedang dikerjakan diberhentikan karena tidak bisa dilanjutkan, seperti tidak ada printer. Namun pada kondisi lainnya, pekerjaan masih bisa dilanjutkan, karena error yang terjadi tersebut tidak terlalu mempengaruhi sistem dan bisa diabaikan. Kesalahan dalam algoritma dibagi empat, yaitu : syntax error, human error, command error, dan logical error
b.      Buffer Overflow
buffer overflow dalam Bahasa Indonesia yang berarti  buffer adalah tempat penampungan, overflow artinya kelebihan muatan. Jadi buffer overflow adalah suatu kondisi dimana element-element yang ada di dalam suatu program tidak dapat lagi menempati tempat penampungan (database) yang ada, baik disebabkan oleh kelebihan kapasitas, maupun error yang terjadi di dalam suatu program. 

VI.              Tingkat Bahasa Pemrograman
a.      Tinggi : mudah dipelajari ( Bahasa C, Java, dll )
Merupakan bahasa tingkat tinggi yang mempunyai ciri-ciri mudah dimengerti karena kedekatannya terhadap bahasa sehari – hari. Sebuah pernyataan program diterjemahkan kepada sebuah atau beberapa mesin dengan menggunakan compiler.
b.      Rendah : sulit dipahami ( Bahasa mesin assembley, dll )

Bahasa pemrograman generasi pertama. Bahasa jenis ini sangat sulit dimengerti karena instruksinya menggunakan bahasa mesin. Disebut juga dengan bahasa assembly merupakan bahasa dengan pemetaan satu – persatu terhadap instruksi komputer. Setiap intruksi assembly diterjemahkan dengan menggunakan assembler

SUMBER :
http://dwi_kartina.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/46953/algoritma.pdfhttp://woocara.blogspot.com/2016/02/pengertian-algoritma-contoh-algoritma.html#ixzz4Qz6IQHm9http://www.infomugi.com/2013/04/pengertian-compiler-interpreter.htmlhttps://tonyteaching.wordpress.com/2009/06/06/syntax-semantics/https://id.wikipedia.org/wiki/Lingkungan_pengembangan_terpaduhttps://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_operasihttp://rpl.if.its.ac.id/perbedaan-pemrograman-terstruktur-dan-pemrograman-berorientasi-objek/http://www.termasmedia.com/65-pengertian/69-pengertian-database.htmlhttp://www.nesabamedia.com/pengertian-manfaat-dan-macam-macam-jaringan-komputer/
https://teknojurnal.com/definisi-internet-of-things/http://pusatteknologi.com/pengertian-manfaat-cara-kerja-dan-contoh-cloud-computing.htmlhttp://seo-kepo.blogspot.co.id/2013/02/intelligent-transport-system-its.htmlhttp://syaefulhamzah.blogspot.co.id/2013/06/v-behaviorurldefaultvmlo.htmlhttps://princenduttt.wordpress.com/2009/03/16/contoh-bahasa-pemrograman-tingkat-tinggi-dan-rendah/http://jawsbreak.blogspot.co.id/2008/06/kesalahan-algoritma.htmlhttps://www.usd.ac.id/lembaga/lppm/f1l3/Jurnal%20Media%20Teknika%20vol%208%20no%201/02-Damaredited3.pdf
Previous
Next Post »
0 Komentar