a.
Algoritma
Algoritma adalah suatu himpunan hingga dari instruksi-instruksi
yang secara jelas memperinci langkah-langkah proses pelaksanaan, dalam
pemecahan suatu masalah tertentu, atau suatu kelas masalah tertentu, dengan
dituntut pula bahwa himpunan instruksi tersebut dapat dilaksanakan secara
mekanik. Dalam ilmu matematika dan
komputer, pengertian algoritma merupakan prosedur dari beberapa langkah demi
langkah untuk penghitungan. Algoritma dipakai untuk penghitungan, penalaran otomatis,
dan pemrosesan data. Pengertian algoritma ialah suatu metode yang efektif
diekspresikan sebagai rangkaian yang terbatas dari beberapa instruksi yang
telah dijelaskan dengan baik guna menghitung sebuah fungsi. Susunan algoritma
dimulai dari kondisi awal dan input awal, instruksi tersebut mendeskripsikan
komputasi yang apabila itu dieksekusi serta diproses dengan melewati
urutan-urutan kondisi terbatas yang terdefinisi dengan baik, sehingga dapat
menghasilkan output atau keluaran dan berhenti di kondisi akhir yang telah
ditentukan.
b.
Syntax
Syntax adalah aturan menulis ‘kalimat’
agar mampu dimengerti dengan benar oleh bahasa pemrograman.Aturan syntax ini
secara baku harus dipenuhi, karena saat proses compilasi setiap baris script akan di-check dan
dipastikan apakah Compiler benar- benar mengerti maksud kalimat atau tidak.
Jika terdapat syntax yang salah maka compiler akan melaporkan kalo ada bagian
kalimat yang dia nggak faham atau istilahnya “error message” dan nggak bakalan
meneruskan membikin bytecode-nya.
c.
Interpreter
Interpreter adalah Perangkat lunak yang mampu
mengeksekusi code program (yang ditulis oleh programmer) lalu menterjemahkannya
ke dalam bahasa mesin, sehingga mesin melakukan instruksi yang diminta oleh
programmer tersebut. Perintah-perintah yang dibuat oleh programmer tersebut
dieksekusi baris demi baris, sambil mengikuti logika yang terdapat di dalam
kode tersebut.
d.
IDE &
OS
IDE (Integrated
Development Environment) adalah program komputer yang memiliki beberapa
fasilitas yang diperlukan dalam pembangunan perangkat lunak. Tujuan
dari IDE adalah untuk menyediakan semua utilitas yang diperlukan
dalam membangun perangkat lunak. Sedangkan OS adalah adalah komponen pengolah
peranti lunak dasar (essential component) tersistem sebagai pengelola sumber
daya perangkat keras komputer (hardware),
dan menyediakan layanan umum untuk aplikasi perangkat
lunak. Sistem operasi adalah jenis yang paling penting dari perangkat lunak sistem dalam sistem
komputer. Tanpa sistem operasi, pengguna tidak dapat menjalankan program
aplikasi pada komputer mereka, kecuali program booting.
Sistem operasi mempunyai penjadwalan yang sistematis mencakup perhitungan
penggunaan memori, pemrosesan data, penyimpanan data, dan sumber daya lainnya.
II.
Model Pemrograman
a.
Struktural: fungsi dan prosedur
Pemrograman Terstruktur adalah suatu proses untuk mengimplementasikan
urutan langkah untuk menyelesaikan suatu masalah dalam bentuk
program. Selain pengertian diatas Pemrograman Terstruktur adalah suatu
aktifitas pemrograman dengan memperhatikan urutan langkah-langkah perintah
secara sistematis, logis , dan tersusun berdasarkan algoritma yang sederhana
dan mudah dipahami. Prinsip dari pemrograman terstruktur adalah Jika suatu
proses telah sampai pada suatu titik / langkah tertentu , maka proses
selanjutnya tidak boleh mengeksekusi langkah sebelumnya / kembali lagi ke baris
sebelumnya, kecuali pada langkah – langkah untuk proses berulang (Loop).
Contoh:
Pascal, C, Delphi, dll
b.
Object Oriented: object, class
Pemrograman
berorientasi objek (Inggris: object-oriented programming disingkat OOP)
merupakan paradigma pemrograman yang berorientasikan kepada objek. Semua data
dan fungsi di dalam paradigma ini dibungkus dalam kelas-kelas atau objek-objek.
Bandingkan dengan logika pemrograman terstruktur. Setiap objek dapat menerima
pesan, memproses data, dan mengirim pesan ke objek lainnya.
Contoh: Java,
Phyton, Visual Foxpro, dll
III.
Peran Bahasa Pemrograman
a.
Jaringan Komputer
Jaringan komputer adalah sebuah sistem yang terdiri dari dua atau
lebih komputer yang saling terhubung satu sama lain melalui media transmisi
atau media komunikasi sehingga dapat saling berbagi data, aplikasi maupun
berbagi perangkat keras komputer.Istilah jaringan komputer sendiri juga dapat
diartikan sebagai kumpulan sejumlah terminal komunikasi yang terdiri dari dua
komputer atau lebih yang saling terhubung.Tujuan dibangunnya jaringan komputer
adalah agar informasi/ data yang dibawa pengirim (transmitter) dapat sampai
kepada penerima (receiver) dengan tepat dan akurat.
b.
Database
Database atau basis data adalah kumpulan data yang
disimpan secara sistematis di dalam komputer yang dapat diolah atau
dimanipulasi menggunakan perangkat lunak (program aplikasi) untuk menghasilkan
informasi. Pendefinisian basis data meliputi spesifikasi berupa tipe data,
struktur data dan juga batasan-batasan data yang akan disimpan. Basis data
merupakan aspek yang sangat penting dalam sistem informasi dimana basis data
merupakan gudang penyimpanan data yang akan diolah lebih lanjut. Basis data
menjadi penting karena dapat mengorganisasi data, menghidari duplikasi data,
hubungan antar data yang tidak jelas dan juga update yang rumit.
c.
Internet Of Things
sebuah istilah yang belakangan ini mulai ramai ditemui namun masih
banyak yang belum mengerti arti dari istilah ini. Sebetulnya hingga saat
ini belum ada pengertian atau definisi standar mengenai Internet of Things,
namun secara singkat Internet of Things bisa dibilang adalah di mana benda-benda
di sekitar kita dapat berkomunikasi antara satu sama lain melalui sebuah
jaringan seperti internet.Ide awal Internet of Things pertama kali
dimunculkan oleh Kevin Ashton pada tahun 1999 di salah satu presentasinya.
Kini banyak perusahaan besar mulai mendalami Internet of Things sebut
saja Intel, Microsoft, Oracle, dan banyak lainnya.
d.
Cloud Computing
merupakan gabungan pemanfaatan teknologi komputer
(komputasi) dalam suatu jaringan dengan pengembangan berbasis internet (awan)
yang mempunyai fungsi untuk menjalankan program atau aplikasi melalui komputer
– komputer yang terkoneksi pada waktu yang sama, tetapi tak semua yang
terkonekasi melalui internet menggunakan cloud computing.
e.
Intelligent Transport
System (ITS)
adalah integrasi antarsistem informasi dan
teknologi komunikasi dengan infrastruktur transportasi, kendaraan danpengguna
jalan. Mengintegrasikan pengguna jalan, sistem transportasi, dan kendaraan
melalui sistem informasi dan teknologi komunikasi serta membantu sistem
transportasi secara keseluruhan untuk bekerja secara efektif dan efisien.
f.
Parallel Computing
Parallel computing adalah penggunakan lebih dari satu CPU untuk menjalankan
sebuah program secara simultan. Idealnya, parallel processing membuat
programberjalan lebih cepat karena semakin banyak CPU yang digunakan. Tetapi
dalam praktek,seringkali sulit membagi program sehingga dapat dieksekusi oleh
CPU yang berbea-beda tanpa berkaitan di antaranya, Maksudnya program dijalankan
dengan banyak CPU secara bersamaan dengan tujuan untuk membuat program yang
lebih baik dan dapat diproses dengan cepat. Dapat diambil kesimpulan bahwa pada
parallel processing berbeda dengan istilah multitasking, yaitu satu CPU
mengangani atau mengeksekusi beberapa program sekaligus, parallel processing
dapat disebut juga dengan istilah parallel computing.
g.
Bio Informatika, E-Health
Bioinformatika merupakan sebuah disiplin ilmu yang mempelajari
penerapan teknik komputasi untuk diterapkan dalam pengelolaan dan analisis
biologis. Bidang ini mencakup penerapan dalam ilmu matematika, statistika dan
informatika untuk memecahkan masalah biologis, terutama dalam hal DNA dan asam
amino serta informasi yang terkait dengan kedua hal itu.Bioinformatika juga
bisa disebut sistem manajemen informasi yang meliputi database biologi molekul
dan software sebagai tools untuk mengelola dan menganalisis data biologis.
IV.
Tips Pemrograman
1)
Pahami Algoritma
Bila anda ingin menciptakan suatu program, maka harus dimulai dari
pembuatan algoritma terlebih dahulu sebagai dasar atau kerangkanya. Anda harus memahami secara betul program
anda ingin. Hal tersebut bertujuan untuk menyelesaikan masalah seperti apa dan bagaimana cara
penyelesaiannya program tersebut nanti. Semua itu harus anda rancang dalam suatu algoritma yang logis
dan efisien.
2)
Kuasai Sintaks
Anda membuat algoritma bukan berarti selesai, hal kedua yang anda harus
lakukan adalah mengusai sintaks dari algoritma tersebut. Sintaks wajib dikuasai
bagi seorang pembuat program atau sering disebut programer agar lebih memudahkannya dalam pembuatan suatu
kode dalam membuat penyelesain masalah yang ada di dalam program nantinya.
3)
Pahami model pemrograman ( struktur/obyek oriented )
Dalam pembuatan suatu program, jika anda sudah menguasai algoritma
dari program yang ingin anda buat dan anda sudah menguasai kode sintaksnya,
maka sekarang anda harus menentukan model program anda, apakah program
berstruktur / object oriented. Penentuan model program ini sangatlah perlu
dilakukan, karena akan sangat berdampak dalam pemilihan Bahasa program yang
akan anda pakai dalam pembuatan program anda.
4)
Berlatih
Dengan berlatih anda akan secara
perlahan lebih menguasai dari Bahasa pemrogaman yang anda pakai dan struktur
dari suatu program. Hal ini tentunya akan membantu anda dalam pembuatan program
sehingga lebih cepat dan meminimalisir kesalahan dalam program anda.
5)
Studi kasus sehari-hari
Studi kasus juga diperlukan dalam menentukan masalah yang akan
anda selesaikan dalam program anda. Ini bertujuan agar program yang akan anda
buat nantinya akan berguna bagi masyarakat luas maupun siapapun yang
membutuhkannya, maka dari itu studi kasus terhadap masalah-masalah yang ada di
sekitar anda sangat diperlukan.
6)
Aktif dalam pengembangan ( project, open source, github )
Dalam pembuatan program, untuk menunjang dan menambah ilmu
pengetahuan anda dalam hal pemrogaman dan dalam bidang teknologi dan informasi
maka anda setidaknya perlu aktif atau mengikuti dalam pemngembangan yang
dilakukan oleh orang-orang disekitar anda maupun pakar-pakar hal dibidang ini yang sedang melakukan pembuatan suatu
program yang dapat berguna bagi semua orang.
V.
Sekuritas
a.
Kesalahan Algoritma
Kekeliruan, tidak tepat, kesalahan secara perangkat lunak, atau
kerusakan pada perangkat keras.Dengan terjadinya error ini, maka pelaksanaan
tidak sesuai dengan yang diharapkan.Pada beberapa kejadian, apabila terjadi
error, maka perintah yang sedang dikerjakan diberhentikan karena tidak bisa
dilanjutkan, seperti tidak ada printer. Namun pada kondisi lainnya, pekerjaan
masih bisa dilanjutkan, karena error yang terjadi tersebut tidak terlalu
mempengaruhi sistem dan bisa diabaikan. Kesalahan dalam algoritma dibagi empat,
yaitu : syntax error, human error, command error, dan logical error
b.
Buffer Overflow
buffer overflow dalam Bahasa Indonesia yang berarti buffer
adalah tempat penampungan, overflow artinya kelebihan muatan. Jadi buffer
overflow adalah suatu kondisi dimana element-element yang ada di dalam suatu
program tidak dapat lagi menempati tempat penampungan (database) yang ada, baik
disebabkan oleh kelebihan kapasitas, maupun error yang terjadi di dalam suatu
program.
VI.
Tingkat Bahasa Pemrograman
a.
Tinggi : mudah dipelajari ( Bahasa C, Java, dll )
Merupakan bahasa tingkat tinggi yang mempunyai ciri-ciri mudah
dimengerti karena kedekatannya terhadap bahasa sehari – hari. Sebuah pernyataan
program diterjemahkan kepada sebuah atau beberapa mesin dengan menggunakan
compiler.
b.
Rendah : sulit dipahami ( Bahasa mesin assembley, dll )
Bahasa pemrograman generasi pertama. Bahasa jenis ini sangat sulit
dimengerti karena instruksinya menggunakan bahasa mesin. Disebut juga dengan
bahasa assembly merupakan bahasa dengan pemetaan satu – persatu terhadap
instruksi komputer. Setiap intruksi assembly diterjemahkan dengan menggunakan
assembler
SUMBER
:
http://dwi_kartina.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/46953/algoritma.pdfhttp://woocara.blogspot.com/2016/02/pengertian-algoritma-contoh-algoritma.html#ixzz4Qz6IQHm9http://www.infomugi.com/2013/04/pengertian-compiler-interpreter.htmlhttps://tonyteaching.wordpress.com/2009/06/06/syntax-semantics/https://id.wikipedia.org/wiki/Lingkungan_pengembangan_terpaduhttps://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_operasihttp://rpl.if.its.ac.id/perbedaan-pemrograman-terstruktur-dan-pemrograman-berorientasi-objek/http://www.termasmedia.com/65-pengertian/69-pengertian-database.htmlhttp://www.nesabamedia.com/pengertian-manfaat-dan-macam-macam-jaringan-komputer/
https://teknojurnal.com/definisi-internet-of-things/http://pusatteknologi.com/pengertian-manfaat-cara-kerja-dan-contoh-cloud-computing.htmlhttp://seo-kepo.blogspot.co.id/2013/02/intelligent-transport-system-its.htmlhttp://syaefulhamzah.blogspot.co.id/2013/06/v-behaviorurldefaultvmlo.htmlhttps://princenduttt.wordpress.com/2009/03/16/contoh-bahasa-pemrograman-tingkat-tinggi-dan-rendah/http://jawsbreak.blogspot.co.id/2008/06/kesalahan-algoritma.htmlhttps://www.usd.ac.id/lembaga/lppm/f1l3/Jurnal%20Media%20Teknika%20vol%208%20no%201/02-Damaredited3.pdf
0 Komentar