[ ERP ] 3 Modul Utama ERP

Nama Matakuliah : Enterprise Resource Planning
Nama Dosen : I Putu Agus Eka Pratama, S.T,M.T
Jurusan : Teknologi Informasi
Fakultas : Teknik
Universitas : Universitas Udayana

ERP ( Enterprise Resource Planning ) apakah itu? jadi erp bisa dikatakan adalah Sistem informasi perusahaan yang dirancang untuk mengkoordinasikan semua sumber daya, informasi dan aktifitas yang diperlukan untuk proses bisnis lengkap. dan juga ERP berfungsi mengintegrasikan proses-proses penciptaan produk atau jasa perusahaan, mulai dari pemesanan bahan-bahan mentah dan fasilitas produksi sampai dengan terciptanya produk jadi yang siap ditawarkan kepada pelanggan (Indrajit, Djokopranoto, 2002).

Dalam ERP terdapat 3 modul utama, yaitu :
  • Operasi adalah modul yang memiliki fungsi untuk Menangani proses – proses operasional dasar pada ERP : dashboard, web portal, email, manufaktur, distribusi, produksi, pemasaran, dll.
  • Finansial dan Akutansi, sesuai dengan namanya. modul ini memiliki fungsi untuk Menangani bagian finansial dan akutansi terkait dengan keuangan (termasuk juga pembayaran, hutang, kredit).
  • Sumber Daya Manusia, modul ini memiliki fungsi untuk Menangani bagian manajemen SDM aau Human Resource Management (HRM). 
3 modul utama tadi, memiliki 5 implementasi ,yaitu :

  • Human Resource Management (HRM).
HRM dapat hadir sebagai sebuah modul pada sistem ERP maupun sebuah sistem informasi terpisah namun memiliki database terpusat (terintegrasi) dengan ERP.
  • Finansial Resource Management (FRM).
Modul ini berfungsi untuk mengumpulkan dan mengelola seluruh data finansial perusahaan, sehingga mampu menyajikan laporan dari hasil relasi data dari beberapa departemen atau unit pada perusahaan bersangkutan.
  • Supply Chain Management (SCM).
SCM adalah fokus terakhir pengembangan ERP
  • Manufacturing Resource Planning (MRP).
Manufacturing Resource Planning merupakan modul yang melingkupi faktor tambahan, yang meliputi : perencanaan jangka panjang, master schedulling, rough cut capacity planning dan shoop floor control.
  • Customer Relationship Management (CRM). 
CRM melingkupi semua aspek yang berhubungan dengan calon pelanggan dan pelanggan saat ini, termasuk di dalamnya adalah pusat panggilan (call center), tenaga penjualan (sales force), pemasaran, dukungan teknis (technical support) dan layanan lapangan (field service).

Sumber :
  • Dhewanto, Wawan, Falahah. Enterprise Resource Planning : Menyelaraskan Teknologi Informasi dengan Strategi Bisnis. Penerbit Informatika. Bandung. 2007. 
  • Portougal, Victor, Sundaram, David. Business Processes : Operational Solutions for SAP Implementation. IRM Press. London. 2007.
  • Wallace, Thomas F, Kremzar, Michael H. ERP Making It Happens The Implementer’s Guide to Success With Enterprise Resource Planning. John Wiley & Sons. New York. 2001.
Previous
Next Post »
0 Komentar